Jangan Terlewati Begini Tahapan Pelaksanaan PPG Daljab Kemenag Tahun 2025 Yang Perlu Diketahui Calon Peserta
![]() |
Jangan Terlewati Begini Tahapan Pelaksanaan PPG Daljab Kemenag Tahun 2025 Yang Perlu Diketahui Calon Peserta |
Guru Sejarah - Bagi calon peserta PPG Daljab yang masuk angkatan 1 sudah bisa melakukan verifikasi berkas dan melakukan pendaftaran. Sedangkan untuk angkatan 2 akan diumumkan sekitar Mei 2025 menurut keterangan Dirjen GTK Madrasah Kemenag Thobib Al Asyhar yang dikutip melalui laman kemenag.go.id. Kepada para calon peserta sebelumnya agar memeriksa terlebih dahulu notifikasi di akun EMIS maupun SIAGA individu masing-masing.
Untuk mengetahui secara detail apa saja yang harus dilakukan para calon peserta dalam tahapan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Kemenag angkatan 1 ini, berikut tahapan yang perlu diketahui:
1. Daftar Ulang (1-7 Februari 2025)
Proses pertama yang harus diikuti oleh guru calon peserta PPG Daljab adalah melakukan daftar ulang di akun EMIS atau SIAGA masing-masing dengan sejumlah dokumen yang perlu dipersiapkan dan diunggah seperti:
- Ijazah yang digunakan untuk linieritas mapel dan terligalisir
- Pakta integritas sesuai template
- Surat Ijin dari Pimpinan
- Surat Keterangan sehat jasmani
Langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran PPG Daljab Kemenag adalah:
- Login sistem menggunakan akun masing-masing
- Pilih menu PPG Dalam Jabatan
- Lengkapi data diri dan dokumen yang diminta
- Memilih bidang studi PPG yang linear dengan ijazah S1/DIV
- Pastikan data sudah benar, lalu klik "Kirim Pendaftaran"
2. Seleksi Administrasi (1-10 Februari 2025)
Tahapan selanjutnya adalah proses seleksi administrasi yang dilakukan Kemenag untuk ditetapkan sebagai peserta yang akan mengikuti PPG Daljab. Bagi calon peserta dapat memantau hasil seleksi administrasi tersebut pada akun EMIS atau SIAGA masing-masing.
Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, para guru wajib melengkapi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan untuk melakukan Lapor Diri secara online kepada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang telah ditentukan Kemenag. Kesemuanya itu juga akan diberitahukan melalui akun EMIS dan SIAGA masing-masing.
3. Lapor Diri ke LPTK (17-28 Februari 2025)
Peserta yang lolos seleksi administrasi akan mendapatkan notifikasi di akun EMIS dan SIAGA masing-masing untuk melakukan proses tahapan lapor diri ke LPTK yang telah ditetapkan.
Dalam melakukan proses lapor diri ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan, yaitu:
- Ijazah yang digunakan untuk linieritas PPG beserta transkip wanilai.
- Kartu Tanda Penduduk.
- Pas foto terbaru dengan latar warna merah (laki-laki menggunakan jas dan dasi warna merah sedangkan wanita menyesuaikan)
- Dokumen RPL yang terdiri dari: (a). SK mengajar sebagai guru maksimal 6 tahun terakhir; (b). Dokumen perangkat pembelajaran yang pernah dibuat seperti: RPP/Modul Ajar, Materi Ajar, LKPD, Media Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian maksimal 12 Semester; (c). Dokumen pengembangan kompetensi yang pernah diikuti maksimal 12 semester; (d). Dokumen pengelolaan administrasi dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah tentang keaktifan guru di bidang manajerial; (e). Dokumen inovasi pembelajaran dibuktikan dengan Modul Pembelajaran atau Video Pembelajaran atau Karya lainnya.
4. Orientasi Akademik (1-2 Maret 2025)
Guru yang dinyatakan lolos dan telah melapor diri ke LPTK yang dtetapkan, selanjutnya akan memperoleh orientasi akademik dari LPTK secara daring. Dalam orientasi akademik ini, mahasiswa akan memperoleh informasi dari LPTK terkait desain pembelajaran, sistem pendampingan, serta mekanisme penilaian. Sehingga setiap prosesnya akan sangat bermakna dan berdampak pada peningkatan kapasitas peserta PPG
5. Mangikuti Pembelajaran (3 Maret - 5 April 2025)
Setelah Orientasi Akademik, guru mengikuti proses pembelajaran PPG Daljab melalui platform pembelajaran digital yang disupervisi oleh LPTK. Berbeda dengan PPG model lama yang dilakukan secara syncronus, PPG Daljab ini dilakukan dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS).
Proses pembelajaran PPG kali ini akan digelar sekitar 49 hari aktif, mulai tanggal 03 Maret - 05 April 2025 dilakukan semuanya secara daring.
6. Induksi dan Try Out (6-9 April 2025)
Setelah mengikuti seluruh proses pembelajaran di LMS, peserta PPG akan memperoleh pendampingan dari LPTK dalam bentuk Induksi dan Try Out pada tanggal yang telah ditetapkan. Melalui kegiatan ini, peserta PPG akan memperoleh pendalaman materi dari dosen secara syncronus dan try out soal-soal Uji Pengetahuan secara online. Tujuannya untuk melakukan pemetaan dasar terhadap kemampuan guru.
7. Mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa PPG
Setelah mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran, para peserta harus melaksanakan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) yang akan dilakukan terpusat oleh Panitia Nasional PPG Daljab Kemenag.
Ujiannnya ada dua, uji kinerja dan uji pengetahuan. Uji Kinerja yang mengukur kemampuan peserta PPG dalam mengimplementasikan rencana pembelajaran secara memadai dalam bentuk video pembelajaran dilakukan pada tanggal 14 - 20 April 2025.
Sedangkan uji Pengetahuan yaitu uji tulis berbasis komputer yang dilaksanakan untuk mengukur penguasaan pengetahuan untuk memenuhi capaian pembelajaran program PPG yang akan dilakukan pada tanggal 21 - 22 April 2025.
Yang paling menentukan (kelulusan) adalah mahasiswa (peserta PPG) harus lulus uji kinerja dan uji pengetahuan. Sedangkan peserta yang tidak lulus pada salah satu atau kedua ujian di UKMPPG harus mengulang atau remidi. Sementara bagi yang dinyatakan lulus akan diproses untuk mendapatkan sertifikat guru profesional.
Demikian tahapan-tahapan pelaksanaan PPG Daljab Kementerian Agama bagi angkatan 1, semoga bermanfaat.
***
Post a Comment for "Jangan Terlewati Begini Tahapan Pelaksanaan PPG Daljab Kemenag Tahun 2025 Yang Perlu Diketahui Calon Peserta"