.png) |
8 Pilihan Indikator Yang Menjadi Fokus Peningkatan Kinerja Guru di Aplikasi Ruang GTK |
Guru Sejarah - Dalam upaya mengoptimalkan pembelajaran ada delapan indikator yang dapat dilakukan guru dan menjadi pilihan kinerja pada pengelolaan kinerja di Platform Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).
Aplikasi Ruang GTK merupakan sebuah platform hasil transformasi dari Platform Merdeka Menagajar (PMM). Sejak Januari 2024 sistem pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah pada Platfrom Merdeka Mengajar mulai terintegrasi dengan E-Kinerja yaitu sebuah aplikasi yang berbasis online berfungsi untuk mengevaluasi kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).
Pada tahun 2025 ini pengelolaan kinerja dibuat lebih sederhana. Bahkan pemerintah dalam upaya meringankan pekerjaan guru saat ini Platform Merdeka Mengajar bentuknya diubah dengan Platform Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).
Fitur-fitur PMM seperti pelatihan mandiri, perangkat ajar, dan lain-laninya termasuk pengelolaan kinerja tetap masih dapat digunakan seperti biasanya. Akan tetapi pada Platform Ruang GTK ini fitur-fitur tersebut dikategorikan berdasarkan manfaatnya masing-masing, diantaranya menu:
- Belajar Berkelanjutan, terdiri dari: Diklat, Pelatihan Mandiri, dan Komunitas
- Karir dan Kinerja, terdiri dari: Pengelolaan Kinerja, Seleksi Kepala Sekolah, dan Refleksi Kompetensi
- Inspirasi Pembelajaran, terdiri dari: Perangkat Ajar, CP/ATP, Ide Praktik, Bukti Karya, Video Inspirasi, Asesmen Murid, dan Kelas
- Dokumen Rujukan, terdiri dari: Pengelolaan Pembelajaran, Pengelolaan Kinerja, Peningkatan Kompetensi, dan Pengelolaan Satuan Pendidikan.
8 Pilihan Indikator Kinerja Guru Pada Pengelolaan Kinerja PR GTK
Apa saja delapan indikator yang dapat dipilih guru dalam praktik kinerjanya:
1. Penerapan Disiplin Positif
Salah satu indikator dari dimensi manajemen kelas yang bertujuan sebagai upaya menerapkan prinsip disiplin positif untuk mengelola perilaku dan kebiasaan kelas yang disepekati bersama sehingga terciptanya lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung proses pembelajaran.
2. Keteraturan Suasana Kelas
Salah satu indikator dari dimensi manajemen kelas bertujuan membangun suasana kelas yang kondusif untuk peroses belajar dengan meminimalisisasi gangguan yang dapat mengalihkan perhatian peserta didik dari aktivitas belajarnya.
3. Umpan Balik Konstruktif
Salah satu indikator dari dimensi dukungan psikologis bertujuan penyampaian informasi tentang kemajuan proses dan capaian pembelajaran kepada peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar dari dirinya sendiri.
4. Perhatian dan Kepedulian
Salah satu indikator dari dimensi dukungan psikologis bertujuan dalam upaya pemberian perhatian dan dukungan sesuai dengan kebutuhan belajar setiap peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar dari dirinya sendiri.
5. Ekspektasi pada Peserta Didik
Satu indikator dari dimensi dukungan psikologis yang bertujuan sebagai upaya mengkomunikasikan ekspektasi yang tinggi kepada semua dan setiap peserta didik guna menumbuhkan semangat belajar dari dirinya sendiri.
6. Aktivitas Interaktif
Salah satu indikator dari dimensi metode pembelajaran bertujuan sebagai upaya pembelajaran yang menfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antar peserta didik untuk peningkatan efektivitas pembelajaran.
7. Instruksi Pembelajaran
Salah satu indikator dari dimensi metode pembelajaran yang bertujuan dalam upaya penjelasan terstruktur tentang konsep dan aktivitas pembelajaran disertai demonstrasi, ilustrasi atau contoh yang relevan serta konstekstual untuk peningkatan efektivitas pembelajaran.
8. Instruksi yang Adaptif
Salah satu indikator dari dimensi metode pembelajaran bertujuan dalam upaya penyesuaian praktik pembelajaran sebagai respon peserta didik terhadap kebutuhan belajarnya untuk peningkatan efektivitas pembelajaran
Sumber: https://guru.kemdikbud.go.id
Post a Comment for "Analisa Rapor Pendidikan: Inilah 8 Pilihan Indikator Yang Menjadi Fokus Peningkatan Kinerja Guru di Aplikasi Ruang GTK"